Masyarakat dan Pemda Dukung Penuh Penanaman Pohon Serentak Yang Dilakukan Polres Malinau

banner 468x60

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Penghijauan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) khususnya diwilayah Kabupaten Malinau bukan hanya dilakukan dinas di Pemerintahan, namun juga dilakukan pihak Kepolisian yang pada pagi ini turut dilakukan jajaran Kepolisian Resor (Polres) Malinau.

Dengan mengusung tema Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini, kegiatan penghijauan di Kabupaten Malinau ini ditandai dengan dilakukanya penanaman bibit pohon yang dilakukan Polres Malinau yang bersamaan dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda, Polres dan Polsek jajaran di Indonesia secara virtual yang dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dan diikuti oleh para Kepala Kepolisian Asean di Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

banner 336x280

Aksi penghijauan Polres Malinau tersebut digelar dengan menanam 1.000 bibit pohon yang dipimpin langsung Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., bertempat di area lapangan depan Stadion Utama Sepak Bola Kabupaten Malinau, Rabu (23/8).

Kegiatan penghijauan dengan penanaman pohon ini juga turut dihadiri Bupati Malinau Wempi W. Mawa, S.E., MH., yang diwakili oleh Assiten 1 Pemda Malinau Drs. H. Kamran Daik, M.Si., Dandim 0910 Malinau yang diwakili Oleh Wadanramil 0910-11/Data Dian Letda Inf Heri Agus, Danpamtas RI-Malaysia Yonarmed 5/105 Tarik/Pancagiri yang diwakili Danton Komas Pamtas Letda Andri Rustandi, Kadis Pertanian Kabupaten Malinau Faridan, D.E., M.Si., Kasatpol PP Kabupaten Malinau yang diwakili Dantonpol PP Hardi, Staf BPBD dan para Pejabat Utama (PJU) Polres Malinau.

Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., dalam penyampaianya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Polri dalam rangkaian Asean Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) Ke-17 sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78.

Selain itu, kegiatan penghijauan dengan penanaman pohon ini juga merupakan salah satu upaya Polri secara keseluruhan dalam rangka menjaga lingkungan dan meninggalkan hal yang positif bagi generasi mendatang, dimana alam Indonesia ini perlu dijaga dan perlu dilestarikan.

“Pagi ini kami dari Polres Malinau melaksanakan kegiatan penghijauan dengan menanam 1.000 bibit pohon yang menjadi salah satu bentuk kepedulian Polri khususnya Polres Malinau untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung program Pemerintah, kegiatan ini juga sebagai upaya mencegah serta penanggulangan bencana alam. Langkah ini tidak hanya merayakan Kemerdekaan Negara, tetapi juga menunjukkan upaya konkret dalam menjaga keberlangsungan alam bagi generasi yang akan datang,” ujar AKBP Heru Eko Wibowo

Lanjutnya, kegiatan penghijauan ini juga bukan hanya dilaksanakan oleh Polres Malinau saja, namun seluruh Polsek jajaran Polres Malinau yang terdiri dari 7 Polsek juga melakukan penanaman bibit pohon demi melestarikan lingkungan yang dipimpin masing-masing Kapolsek jajaran di Polres Malinau bersinergi dengan jajaran TNI serta perangkat Desa dan masyarakat setempat dengan menanam 100 bibit pohon setiap masing-masing Polsek.

“Polres Malinau menandai penanaman bibit pohon yang di pusatkan di area lapangan depan Stadion Utama Sepak Bola Kabupaten Malinau yang dalam kegiatanya saya pimpin, sedangkan untuk Polsek jajaran juga melakukan kegiatan yang sama dipimpin Kapolsek masing-masing bersinergi dengan instansi terkait. Dengan total keseluruhan 1.000 bibit dari berbagai jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan ini oleh Polres Malinau dan jajaran, diharapkan akan memberikan manfaat bagi lingkungan, sehingga bisa menjadi warisan bagi anak cucu kelak,” tambahnya

Kapolres Malinau juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada stakeholder dan seluruh pihak yang telah mendukung penanaman pohon secara serentak ini. Dengan penyelenggaraan kegiatan ini, Polres Malinau telah memberikan contoh nyata dalam menjaga lingkungan dan mendorong kesadaran akan pentingnya penghijauan sejak dini. (CS)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *