Pakuwaja Malinau Rayakan Irau Ke-10, Kapolres Malinau : Memelihara Kebudayaan Jawa di Bumi Intimung

banner 468x60

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., bersama Ketua Bhayangkari Cabang Malinau Ny. Arie Heru Eko menghadiri acara Pagelaran Budaya Paguyuban Warga Jawa (Pakuwaja) dalam rangka perayaan Festival Budaya Irau Ke-10 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-24 Kabupaten Malinau, Selasa (24/10).

Kegiatan yang berlangsung di Panggung Budaya Padan Liu’ Burung tersebut turut dihadiri Bupati Malinau Wempi W. Mawa, S.E., M.H., dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Malinau, para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta para ketua lembaga adat dan paguyuban lainnya.

banner 336x280

Prosesi penyambutan rombongan tersebut disambut meriah oleh warga Jawa di Kabupaten Malinau dengan tarian, musik dan lagu-lagu tradisional khas Jawa yang memukau para penonton yang hadir menyaksikanya.

Ketua Paguyuban Keluarga Warga Jawa (Pakuwaja) Kabupaten Malinau Dr. Aan Hartono, S.ST., M.Si., dalam kesempatanya menyampaikan bahwa pentingnya paguyuban ini dalam mempertahankan dan merayakan budaya Jawa khususnya diwilayah Kabupaten Malinau.

Aan Hartono juga mengajak seluruh warga etnis Jawa di Kabupaten Malinau untuk tetap menjaga keharmonisan dan terus membangun wilayah Kabupaten Malinau.

Selanjutnya, Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., mengungkapkan bahwa acara ini merupakan Pagelaran Budaya dari Pakuwaja Malinau dalam merayakan budaya serta keragaman etnis di Kabupaten Malinau atau Bumi Intimung ini, khususnya dalam memeriahkan Irau Malinau Ke-10 dan HUT Ke-24 Kabupaten Malinau.

Nampak terlihat, dalam momen tersebut Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., juga diminta untuk naik ke atas Reog Ponorogo yang ditampilkan Pakuwaja Malinau. Selain itu sejumlah unsur Forkopimda juga nampak terlihat ikut serta naik ke atas Reog Ponorogo.

“Momentum Irau Ke-10 Malinau tahun 2023 ini, budaya seni Reog Ponorogo juga hadir dalam acara ini, semoga dapat terus berkembang di tanah air. Terimakasih juga kepada semua seniman Reog Ponorogo yang hadir. Kita harus terus mendukung kesenian daerah Reog Ponorogo sebagai salah satu budaya daerah yang terus dilestarikan yang sudah terkenal ini. Budaya adalah kita, kita adalah budaya,” pungkas Kapolres Malinau. (CS)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *