Panwaslu Kecamatan Se kabupaten Aceh Timur Adakan Pelantikan dan Bimtek Pengawas Pemilu 2022

banner 468x60

BUSEREKSPOSE.COM//ACEH TIMUR- Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kecamatan Se kabupaten Aceh Timur selenggarakan Pelantikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kecamatan Se kabupaten Aceh Timur di Hotel royal idi, Kamis 27 10 2022.

banner 336x280

Pelantikan dan Bimtek ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Aceh Timur Maimun, dan Kapolres Aceh timur,Dandim Aceh Timur, Bupati Aceh timur atau yang mewakili dari asisten, serta seluruh anggota panwascam Kecamatan Se kabupaten Aceh Timur
dan para undangan yang hadir
Acara dibuka langsung oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Aceh timur maimun dan dilanjutkan dengan sambutan Dalam acara Pelantikan dan Bimtek Pengawas tersebut Maimun menghimbau agar seluruh Pengawas kecamatan agar memahami dan mengerti akan tugas, wewenang,tanggung jawab dan kewajiban Pengawas dengan baik.

“Setelah resmi dilantik 72orang anggota semua Pengawas akan mempunyai tugas,wewenang, serta tanggung jawab tugas mengawasi TPS di tempatnya masing-masing. apakah ada kesalahan, kecurangan atau pelanggaran yang terjadi di TPS tersebut.” Ucapnya.

Selain itu ia juga menyampaikan tentang pemetaan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Aceh Timur terkait dengan kerawanan pelanggaran yang terjadi menjelang pemilihan atau selama pemungutan suara berlangsung, khususnya pelanggaran terkait politik uang. Dengan adanya hasil pemetaan tersebut diharapkan dapat mempermudah Bawaslu serta Pengawas TPS dalam pengawasan Pemilu 2024 mendatang.

Di akhir sambutannya Maimun menghimbau kepada seluruh anggota Pengawas kecamatan untuk tidak pesimis dan ragu dalam melakukan tugas, wewenang serta tanggung jawabnya. Ia juga menjelaskan bahwa Pengawas TPS kecamatan tidak sendirian dalam melakukan tugasnya. Polisi, TNI serta Pemantau Pemilu siap ikut mengawal proses pemungutan suara dari awal hingga akhir proses Pemilu.

Disela-sela penyampaian materi ia juga sesekali melakukan tanya jawab atau diskusi terkait kasus yang mungkin muncul pada saat penyelenggaraan Pemilu kepada peserta Pengawas kecamatan yang hadir.

Terakhir ia menghimbau agar semua Pengawas kecamatan se-kabupaten Aceh Timur untuk benar-benar memahami dan mengerti semua materi yang disampaikan karena hal tersebut terkait dengan tugas, wewenang dan tanggung
bersama kita sebagai anggota panwascam.

 

(ZAINAL ABIDIN)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *