Polwan Polres Malinau Bantu Evakuasi Ibu Yang Akan Melahirkan Saat Banjir

banner 468x60

MALINAU, Polres Malinau, Polda Kaltara – Aksi heroik dilakukan personel Polisi Wanita (Polwan) Polres Malinau yang dengan cekatan membantu mengevakuasi seorang ibu hamil di RT 14 Kecamatan Malinau Kota yang akan melahirkan ditengah banjir yang terjadi hampir diseluruh wilayah di Kabupaten Malinau sejak Jum’at (22/9/2023) lalu.

Dalam momen tersebut, personel Polwan Polres Malinau bersama sejumlah pihak keluarga turut mendampingi dan mengatarkan hingga ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Malinau untuk proses persalinan dengan mengunakan perahu ketinting ditengah genangan air yang masih merendam sejumlah lokasi pemukiman warga dan fasilitas umum pada Sabtu (23/9/2023).

banner 336x280

Terdengar juga, suara dari warga masyarakat yang menyaksikan aksi heroik Polwan Polres Malinau tersebut turut mendoakan semoga lancar dalam proses persalinannya.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., saat memberikan keterangan membenarkan hal tersebut yang berawal pada saat para personel Polwan Polres Malinau melakukan patroli di seputaran wilayah perkotaan Malinau untuk membantu para korban dengan mendatangi titik-titik lokasi banjir diwilayah hukum Polres Malinau.

“Mulai pagi hingga malam hari, kami menurunkan personel gabungan dari Polres dan Polsek jajaran dengan memfokuskan pada warga korban banjir untuk dibawa ke tempat yang lebih aman. Saat mendatangi titik-titik lokasi banjir di RT 14 Malinau Kota, Polwan Polres Malinau ini membantu mengevakuasi seorang wanita ibu hamil dari rumahnya untuk dibawa ke RSUD. Karena akses jalanan ini sebagaian besar tergenang banjir jadi mereka bertiga BRIPDA Yunivitasari, BRIPDA Lempung Jenny Siska Rivera dan BRIPDA Camelia yang ikut naik perahu mengantarkan hingga ke RSUD untuk persalinan didampingi pihak keluarga,” ujar AKBP Heru Eko Wibowo

Lanjutnya, cuaca buruk berupa hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada beberapa hari belakangan terakhir, berdampak naiknya debit air Sungai Sesayap dan Sungai Mentarang yang menyebabkan rumah-rumah warga dan fasilitas umum terdampak banjir di sebagian besar wilayah di Kabupaten Malinau.

Sebelumnya juga, Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., telah mengintruksikan personel Polres Malinau dan Polsek jajaran untuk turun langsung ke lapangan untuk melakukan patroli di wilayah-wilayah yang tergenang banjir dengan menggunakan peralatan SAR yang dimiliki Polres Malinau.

“Kondisi ini tentu menimbulkan dampak terhadap warga masyarakat. Pada prinsipnya keselamatan warga adalah hal yang terpenting, saya sudah instruksikan kepada personel jajaran agar mengutamakan keselamatan warga yang terdampak banjir ini,” tambah AKBP Heru Eko Wibowo

Sementara itu, salah seorang warga atas nama Ibu Sulo yang menyaksikan aksi heroik para Polwan Polres Malinau tersebut menerangkan bahwa kejadian tersebut terjadi saat banjir pada hari kedua yang melanda di Kabupaten Malinau pada Sabtu (23/9/2023) lalu di RT 14 Kecamatan Malinau Kota.

“Ketemu Ibu Polwan Malinau tadi lagi patroli pas banjir, dan mereka langsung membantu evakuasi Ibu hamil itu untuk di bawa ke RSUD, pihak keluarga juga saya pesanin bahwa ada 3 ibu Polwan yang dampingi. Karena masih banjir jadi dibawa pake perahu ketinting, lokasinya di RT 14 Kecamatan Malinau Kota. Saya berterimakasih atas kehadiran Ibu Polwan Malinau yang selalu ada ditengah masyarakat yang membutuhkan, salud untuk semuanya,” ucap Ibu Sulo

Hingga pada hari Minggu (24/9/2023) siang, banjir yang merendam 6 kecamatan diwilayah Kabupaten Malinau terpantau mulai surut dan saat ini sebagian besar warga di Malinau disibukkan dengan aktifitas bersih-bersih rumah dan Kepolisian kembali menghimbau masyarakat untuk tetap waspada. (CS)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *